Berlibur ke Karimunjawa dengan Pesawat Garuda dan Kapal Pelni

by - February 02, 2016

Kabar baik bagi calon wisatawan Karimunjawa yang ingin berangkat kapan saja tanpa kendala cuaca. Maskapai Garuda Indonesia dan PT Pelni Semarang membuat paket bundling wisata Karimunjawa dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Pangkalan Bun. Paket dengan nama Paket Let’s Go Karimunjawa mulai Januari ini sudah bisa dinikmati per 9 Januari 2016 ini. Apa sih bedanya dengan paket wisata yang sudah ada dan dikelola warga sekitar?




Paket wisata Karimunjawa yang dikelola warga memiliki kelemahan yaitu kendala cuaca. Ketika musim ombak, pariwisata menuju Karimunjawa otomatis mati suri sampai gelombang laut mendukung kembali. Pengalaman pahit di bulan April-Mei 2015, yaitu terlantarnya para calon wisatawan ke Karimunjawa karena semua kapal menuju ke sana bersandar, agaknya menjadi pelajaran berharga. Ratusan calon penumpang KM Siginjai urung menikmati long week end yang telah disiapkan sejak lama karena ombak di tengah laut yang cukup tinggi. Kapal cepat juga ikut docking karena larangan berlayar. Beberapa kejadian, wisatawan terlantar di Karimunjawa karena ombak yang tiba-tiba tinggi juga beberapa kali terjadi pada bulan 1 dan 2. Pada musim-musim penghujan dan ombak, warga yang menggantungkan diri pada pariwisata otomatis bertahan hidup seadanya. Mencari ikan di ombak juga tak bisa banyak dilakukan selain bahaya, juga kemungkinan menjual hasil ikan menjadi lebih kecil karena penikmat ikan otomatis berkurang. Terlebih, tak bisa menjual ikan di Jawa. Paceklik di bulan hujan mungkin jadi ironi di sana.


Garuda Indonesia telah dikenal dengan reputasi penerbangannya bekerja sama dengan PT Pelayaran Masional Indonesia (Pelni) bekerjasama membuat paket wisata komplit. 1 paket wisata berisi tiket Garuda Indonesia pp, tiket pelayaran dengan kapal Leuser menuju Karimunjawa, akomodasi, dan paket wisata yang dikelola warga lokal Karimunjawa. Kerjasama ini memberikan penawaran yang sangat menarik karena budget yang tawarkan cukup murah dengan fasilitas dan reputasi perusahaan yang mumpuni.

Berapa biaya paket wisata Let’s Go Karimunjawa Garuda Indonesia dan PT Pelni Semarang? Paket bundling yang ditawarkan adalah Rp 3.010.000,- dari Jakarta, Rp 2.600.000,- dari Surabaya, Rp 3.265.000,- dari Denpasar, Rp 3.845.000,- dari Makassar, dan Rp 2.230.000,- dari Pangkalan Bun. Biaya tersebut sudah all in.


Minat ke Karimunjawa kapan saja dengan pesawat Garuda? Sekarang saatnya. Kapal berangkat ke Karimunjawa 2 kali dalam sebulan tanpa kendala cuaca. Tepatnya setiap Jumat pertama dan jumat ketiga. Adapun teknis keberangkatannya adalah:

Calon wisatawan Karimunjawa dari jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Pangkalan Bun yang datang ke Semarang menggunakan pesawat Garuda asal kota masing-masing berkumpul di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Jumat malam. Kapal Leuser akan berangkat ke Karimunjawa pada pukul 23:00 dan sampai di Karimunjawa pada pukul 07:00 pagi. Sampai di sini, para wisatawan akan dijemput oleh perahu wisata lokal dan langsung diajak wisata laut setelah sarapan ala Karimunjawa. Wisata laut dipusatkan di sekitar spot diving sesuai kondisi arah angin ketika berwisata. Di kondisi normal, setahu saya, spot diving dipusatkan di area barat yaitu pulau Menjangan kecil, pulau Cemara (besar dan kecil), taman laut Nyamplungan, dan Tanjung Gelam. Pada saat angin barat, spot diving dipusatkan di spot timur yaitu pulau Sintok, pulau Cilik, pulau Tengah dan pulau Gosong Kemloko. Spot timur tak sepopuler spot barat, tetapi tetap cantik. Jadwal wisata pertama ini berakhir sampai senja dan pada malamnya acara bebas. Wisatawan dapat beristirahat atau menikmati Karimunjawa di malam hari. Oh ya, jumlah pantai yang dikunjungi tergantung pada kedisiplinan waktu para wisatawan, jadi belum tentu 4 pulau dikunjungi. Adakalanya wisatawan jatuh cinta pada lokasi diving dan berlama-lama di sana. Makan siang dalam bentuk barbeque disiapkan oleh kru di pulau yang dikunjungi.


Hari kedua di Karimunjawa, wisatawan akan diajak wisata darat di sekitar pulau utama, yaitu pulau Karimunjawa dan pulau Kemojan. Lokasi alternatif yang dikunjungi adalah situs Joko tuo, Bukit Cinta, pantai Batu Topeng, kawasan Mangrove, dan pelabuhan Legon Bajak. Karena waktu jelajah dimulai jam 7 pagi sampai jam 12 siang, saya sarankan wisatawan disiplin waktu agar tidak menyesal karena tidak terpenuhi semua tempat wisata yang direncanakan. Mengapa? Karena kapal Leuser akan berlayar kembali pada pukul 14:00 hari itu, membawa pulang seluruh wisatawan yang dibawa. Kapal berlabuh di pelabuhan Tanjung Emas kembali pada pukul 19:00 dan semua kembali ke kota masing-masing sesuai jadwal pesawat Garuda yang dipesan dalam paket. Mengenai teknis penerbangan termasuk waktu, mohon maaf saya tidak tahu detailnya. Juga jika ada pertanyaan mengenai hotel/menginap di Semarang sembari menunggu penerbangan karena setahu saya paket bundling termasuk penginapan di Karimunjawa saja, bukan di Semarang. Semoga upaya 2 perusahaan transportasi Indonesia yang ingin lebih membuka peluang wisata Karimunjawa ini tercapai tujuannya.


Sekedar pendapat pribadi sebelum mengakhiri artikel ini. selama menulis saya dihinggapi rasa prihatin terhadap kota saya tercinta, Jepara. Keterbukaan transportasi dari Semarang ini akan kembali mengucilkan peluang wisata di Jepara. Peristiwa semacam ini pernah terjadi lama berselang ketika bandara di Karimunjawa dibuka dan ketika wisatawan dapat langsung berangkat ke Karimun via Semarang. Beberapa tahun ini hak eksklusif pelayaran wisata menuju Karimunjawa diambil alih oleh pemerintah kota Jepara sehingga wisatawan domestik maupun manca membanjiri kota Jepara. Bisnis hotel dan restoran menggeliat di Jepara. Setiap tahun ada hotel dan restoran baru dan sudah bisa dibooking secara online. Yah... semoga tetap banyak wisatawan yang menyambangi Jepara, dan semoga tujuan lebih menyejahterakan masyarakat Karimunjawa memang berakhir baik.

Teman-teman ingin berlibur di Karimunjawa menggunakan pesawat Garuda? Sekarang sudah bisa. Selamat berlibur!

You May Also Like

19 comments

  1. Wah, karimunjawa adalah destinasi pantai idamanku mbak. Tp lum kesampaian

    ReplyDelete
  2. Mbak kalo dari semarwng ada paket ga? Aku tahun ni rencana mau kesana.pengen naik kapal pelni

    ReplyDelete
  3. Ada mbak. coba cari pemesanan tiket di Pt Pelni. Saya tidak punya update promonya. web resminya belum apdet sejak bulan oktober tahun 2015

    ReplyDelete
  4. Impian bisa diwujudkan pelan-pelan Mbak. Semoga segera bisa ke sana ya

    ReplyDelete
  5. dari dulu pengen banget liburan ke karimun jawa ini, jadi makin mupeng baca artikel ini

    ReplyDelete
  6. Semakin di mudahkan untuk menikmati liburan domestik... :)

    ReplyDelete
  7. Riska Ngilan HaryonoFebruary 3, 2016 at 12:41 AM

    Pantainya bagus banget mbak. Oh iya paket harga tiket Garuda dari Surabaya itu sudah jadi satu sama kapal penyeberangan nggak, Mbak?

    ReplyDelete
  8. Hehehe... Semoga segera bisa terwujud keinginan mengunjungi karimunjawa Mbak.

    ReplyDelete
  9. saya kurang paham untuk yg dari semarang, Mbak, tetapi krn wisatawan dari kota lain transit di Semarang, dan kapasitas kapal Leuser 1000 penumpang, kelihatannya bisa langsung dari sana

    ReplyDelete
  10. Iya, benar Mas Ginting

    ReplyDelete
  11. Sudah jadi satu, Mbak. Itu paket bundling pesawat Garuda, kapal, dan paket wisata lengkap di sana. Termasuk murah lho

    ReplyDelete
  12. wow, pengen banget mba ke karjaw..
    adikku sempet sebulan di sana..
    kkn dari kampus, asli ngiriiii...
    semoga suatu saat saya bisa ke sana ya mba :D

    ReplyDelete
  13. Hiks... belum kesampaian impianku satu ini

    ReplyDelete
  14. Duuuh pingin ke sini. :( Ada yang mau bayarin gak, ya? :(

    ReplyDelete
  15. PakSuami mbak

    ReplyDelete
  16. Sebulan? Wah.. asyik banget itu

    ReplyDelete
  17. Semoga segera kesampaian Mbak

    ReplyDelete
  18. Lha aku orang Pati aja masih ngiler belum pernah kesampaian ke karimunjawa, padahal deket ^_^ ,,, oohhh karimunjawa..

    ReplyDelete
  19. Pengen ke sana, tapi kalau bawa balita kyknya gk memungkinkan ya? Mungkin nunggu anak2 agak gedhean kyknya.
    TFS, indah banget alamnya :)

    ReplyDelete

Follow Instagram @susierna1 ya